Ikan Lohan Simbol Keberuntungan Bagi Pemiliknya

: 22.16

Ikan lohan dalam geomenasi dipercaya sebagai tanda keberuntungan. Tak heran jika ikan hias ini digemari oleh banyak orang khususnya orang malaysia dan juga taiwan.

Untuk hobiis dari indonesiapun juga sama. Memiliki ketertarikan yang sama dengan ikan hias ini. Sehingga tak salah jika Anda sendiri juga tertarik untuk memilikinya khususnya yang memiliki tingkat kesempurnaan pada warna atau corak dalam sisiknya.
Disini, Anda akan mengenal sedikit banyak tentang asal-usul serta jenis ikan louhan. Selain itu, mengenal tentang potensi pasar tentang ikan hias ini. Nah, mari simak ulasannya dibawah ini.

Asal-Usul Ikan Lohan
Flowerhorn biasa disebutnya, merupakan hasil dari persilangan antara Grenish Gold Tiger dengan Jin Gang Blood Parrot asal taiwan. Disinilah awal mula munculnya ikan lohan yang sekarang mendunia, tepatnya ditahun 1998.

Pada permulannya, ikan yang juga dijuluki dengan “kapal perang” ini hanya ada dua jenis saja yakni flowerhorn dan juga golden base. Dari sini, muncullah beberapa jenis lagi yang mana sampai saat ini dijumpai jenis ikan hias yang menarik.

Diantara jenis-jenis ikan louhan yang biasa dikenal saat ini adalah chinwa, free head, classic, cencu, golden best dan juga fly marking. Selain itu, masih ada varietas lain yang muncul dan pantas dinikmati oleh peminatnya.

Dari banyaknya jenis lohan, ada ikan hias lohan yang memang memiliki keunggulan tersendiri. Ikan hias lohan yang berkualitas bisa dikenali dengan ciri-cirinya yakni memiliki sirip atas dan juga bawah serta ekor yang seimbang.

Selain itu, ikan lohan yang berkualitas juga bisa dilihat dari bintik-bintik mutiara yang hampir menyelimuti ikan hias ini. Sementara ciri yang lain adalah bintik hitam yang tegas dari insang sampai ekor terlihat baik.

Menariknya lagi, ada lingkaran warna perak keemasan metalik yang melingkar indah dibintik-bintik hitamnya ikan tersebut. Selain itu, ekor dan sirip utuh dan melebar. Sementara yang lainnya adalah terlihat dari matanya yang melingkar penuh disertai warna merah, serta nonong kepalanya proporsional.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Louhan
Berikut adalah klasifikasi ilmiah ikan louhan :
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichlidae
Genus : Amphilophus
Spesies : A. trimacu

Cara Perawatan Ikan Lohan
Dari berbagai jenis ikan hias lohan ini, cara perawatannya juga hampir mirip. Yang diperlukan adalah menyiapkan aquarium yang sesuai perbandingannya. Contohnya, untuk ukuran aquarium 200x170x80 cm, jenis ikan louhan yang baik menghiasi aquarium adalah yang memiliki panjang sekitar 40-50 cm.

bebatuan, tanaman air, tempat persembunyian juga perlu dipertimbangkan. Tak hanya itu saja, kualitas suhu air juga ikut berpengaruh. Untuk ikan louhan itu sendiri, suhu airnya adalah 80-85 F.

Jenis-Jenis Ikan Louhan
Terbagi dengan beberapa jenis diantaranya:

1. Kamfa /Cinghwa
Kamfa ini merupakan persilangan dengan spesies dari genus vieja,mulutnya pendek,mata cekung dan lebih jenong.

2. Chencu / Zhen Zhu / ZZ
Louhan chencu inikabarnya berasal dari perkawinan Trimac Cichild (cichlasoma trimaculatum)

3. Faders / Golden Base
Jenis louhan ini pada suatu fase akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya berwarna hitam gelap,dan kemudian berubah menjadi kuning atau merah,sebagian orang hal ini disebutnya dengan ‘’mutasi’’.

4. Golden Monkey / Kamalau
Kemalau ini dibiakan oleh Mr.Lam seah dan Lam soon di Bercham , poh, Malaysia.Setelah Golden Monkey ini diperkenalkan dan dijual pada 2001.

5. Red Texas Louhan
Red Texas ini konon merupakan persilangan antara kingkong parratos dengan Gren Texas.

Budidaya Ikan Hias Louhan

Hal yang perlu diperhatikan dalam membudidaya ikan louhan ini adalah kualitas air yang akan digunakan sebagai media pemijahan.Sumber air yang baik untuk pemijahan dapat berasal dari air sumur maupun air PAM. Jika pemijahan dilakukan denga menggunakn air sumur,sebaiknya air sumurnya di endapkan dulu selama 48 jam sebelum di gunakan.Dan jika menggunakan air PAM,sebaiknya kadar klorin dan PH di netralkan. Penetralan ini dapat dilakukan larutan trisulfat 5 ppm.

Pemijahan ikan louhan dapat dilakukan dengan akuarium atau kolam.beberapa jenis peralatan yang wajib ada pada kolam dan akuarium adalah sebagai berikut:
1. Bak penampung air
2. Filter
3. Aerator
4. Alat penampung air
5. Ornamen dan bebatuan
6. Lampu UV
Pemilihan Induk
Proses Pemijahan

Harga Ikan Hias Louhan
Nah,ikan hias ini terbilang sebagai ikan yang paling menarik,simbol keberuntungan bagi pemiliknya . Oleh karena alasan ini, harga ikan hias ini bisa mencapai 500 ribu hingga mencapai jutaan rupiah.


Makanan Ikan Louhan Biar Jenong
Ada beberapa jenis pakan yang baik untuk ikan louhan ini dan biar cepat jenong , pakan tersebut dapat berupa pakan alami,pakan buatan,maupun pakan buatan pabrik.
Pakan alami untukmencerahkan warna kulit ikan louhan adalah Udang karena udang mengandung karotin.
Pakan pabrik dapat dilihat dari kemasannya, sedangkan olahan yang terbaik adalah pakan yang mengandung udang dan hati sapi.
Nongnong adalah cirri khas ikan ikan louhan, ada dua cara supaya iakn louhan cepat nongnong :

1. Dengan memeancing amarah ikan louhan
2. Dengan memberi pakan khusus

Memancing amarah louhan dapat dilakukan dengan cara menghadapkan dua ekor louhan sehingga keduanya menunjukan sikap seperti akan berkelahi.

Demikianlah ulasan mengenai ikan lohan yang disebut-sebut sebagai ikan pembawa keberuntungan. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kita tentang ikan louhan, dan semoga dapat bermanfaat.
Jangan Lupa Simak pula artikel ikan hias air tawar lainnya berikut ini :
>> Ikan Arwana Kualitas Internasional Berasal Dari Indonesia