Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer

: 00.26

Ikan hias air tawar terlalu banyak jenisnya. Bagi hobiis, masing-masing ikan hias memiliki keunikan sendiri-sendiri. Keberadaannya dipercaya memberikan keberuntungan. Oleh karenanya, hobiis mencoba untuk merawatnya.

Bukan hanya karena kepercayaan itu saja, memelihara ikan juga tak lepas karena suka dengan bentuk keindahannya. Apalagi jika ikan hias tersebut menunjukkan sisi keindahannya dihadapan pemiliknya. Tentu saja hal itu menjadi satu dari sekian banyaknya kebahagiaan yang dirasakan oleh hobiis.

Banyak cara dilakukan oleh hobiis untuk merawatnya. Mulai dari menyediakan tempat dengan ukuran yang pas, kemudian peralatan-peralatan yang sesuai, juga menyediakan pakan yang sesuai.

Untuk ikan hias air tawar itu, banyak sekali jenisnya. Di indonesia sendiri, ikan hias itu dipelihara untuk memberikan kedamaian, kebahagiaan dan lain sebaginya. Ragam jenis ikan air tawar yang populer dipelihara, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ikan Koi
1. Ikan Koi
Ikan Koi ini pertama kali dipopulerkan di jepang, namun dengan perkembangan kecantikan yang variatif ikan koi ini menjadi bulan-bulanan hobiis ikan hias Indonesia dan dijadikan ikan hias populer. Mengapa alasannya ikan koi ini menjadi populer ? karena dengan keindahan warna yang semakin hari semakin unik dan cara pemeliharaannya pun mudah. Ikan koi ini berkembang meledak di pasaran ikan hias Indonesia. Alas an itulah banyak orang memilih ikan koi ini sebagai hiasan kolam sekitar rumahnya dan ada pula yang memilih peluang ini sebagai lading untuk meraup keuntungan.

Kisaran harga ikan ini bervariatif, ukuran koi 76 cm itu dihargai sekitar Rp.50.000. namun untuk ukuran koi 3-4 cm harganya relatif murah sekitar Rp.2000 saja. Dengan harga inilah para pembisnis mudah meraup banyak keuntungan. Disamping itu cara budidaya ikan koi inipun sangat mudah tidak seperti ikan hias lainnya.

Ikan Cupang2. Ikan Cupang
Siapa sih yang tidak terpikat oleh indahnya bentuk ikan ini? Bentuknya mungil, memiliki gradasi warna yang cantik, kemudian dipercantik dengan siripnya yang benar-benar berbeda dengan ikan hias lainnya. Tak ayal jika ikan ini patut menjadi ikan terpopuler saat ini. Disamping memiliki keindahan ikan cupang ini dijadikan sebagai ikan cupang aduan. Karena ikan cupang ini memiliki sifat agresif jadi apabila dalam satu toples ada dua, maka mereka akan bergelut sengit bahkan sampai merobek salah satunya. Jadi sebaiknya dalam satu toples itu satu ikan cupang.

Memelihara ikan inipun sangat mudah looh, cukup dengan menyediakan toples-toples yang berukuran sedang. Dengan toples ini penggemar bisa memandang cantiknya ikan cupang ini.
Ikan cupang ini banyak sekali diminati para hobiis ikan hias di Indonesia sama halnya dengan ikan koi. Namun, Ikan cupang ini memiliki harga yang fareatif mulai dari Rp.5.000 – Rp. 2000.000. tentunya dengan harga ini, ikan cupang mampu mendobrak pasar ikan hias dengan prospek potensi pasar yang baik.

Ikan Arwana
3. Ikan Arwana
Ikan hias air tawar yang memang populer adalah arwana. Untuk yang satu ini, memiliki banyak jenis mulai ikan arwana biasa, sampai ikan red arwana dengan harga yang mencapai puluhan juta rupiah. Namun, tetap saja bagi hobiis, hal itu tak masalah karena keindahannya sebanding dengan harganya.
Ikan dengan nama latin Scleropages formosus ini memiliki 4 vareitas warna yang unik yaitu warna hijau, emas, selver dan merah. Ikan ini di temukan di asia tenggara yaitu Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia.

Ikan arwana ini terbagi beberapa jenis diantaranya jenis yang populer adalah Arwana Super Red, Cross Back Golden, Golden red, Arwana Hijau dan Arwana Irian.
Kisaran harga ikan arwana ini sangat bervariatif. Bibit atau anakan ikan arwana ini di hagai mulai Rp. 100.000 – 150.000, namun untuk ikan arwana yang sudah berumur dewasa bisa mencapai ratusan juta rupiah. Tentunya hal tersebut menjadi alasan para hobis untuk memilih ikan arwana ini sebagai koleksi atau menjadi usahanya. Karena kalau kita lihat potensi pasar ikan hias arwana ini sangat baik dan memiliki prosfek yang baik kedepannya.

Ikan Louhan
4. Ikan Louhan
Untuk ikan yang satu ini dipercaya memberikan hoki atau keberuntungan. Ciri-ciri fisik dari ikan hias ini adalah terdapatnya benjolan pada kepalanya. Selain itu, lingkaran warna perak keemasan melingkari bintik hitam dan sisiknya juga menarik sehingga harganya juga cukup mahal. Ada yang menjualnya sekitar 500 ribuan, ada juga yang mencapai puluhan juta.

Sebagian orang di Taiwan memilih ikan hias ini sebagai ikan yang akan membawa keberuntungan. Namun para hobiis ikan hias Indonesia memilih ikan louhan ini karena keunikan dan potensi pasarnya yang bagus.

Ikan Bala Shark
5. Ikan Bala Shark
Seperti namanya, ikan ini memiliki kemiripan dengan hiu. Hanya saja tidak agresif. Sementara untuk warna sisiknya menarik, yaitu metalik. Kontras dengan warna putih dan hitam. Cocok memberikan kilauan warna saat berenang dengan cepat. Ikan ini akan terlihat indah apabila di pelihara di akuarium dengan ukuran sedang.

Selain memiliki keindahan pada warna yang menarik ikan inipun mudah dipelihara. Itulah sebab mengapa para hobiis memilih ikan hias bala shark ini.

Ikan Lemon
6. Ikan Lemon
Salah satu jenis ikan air tawar yang cantik adalah ikan lemon. Mengapa dinamakan seperti itu? Karena warna dari sisiknya serupa dengan warna jeruk lemon yakni kuning. Sementara bila ikan ini dewasa, ada warna hitam yang muncul pada sisi punggungnya.

Pada jenis ikan ini, Anda tidak diperkenankan untuk menggabungkannya dengan jenis ikan lain. Pasalnya, ikan lemon ini cukup agresif, cenderung akan bertarung dan akhirnya bisa membuat salah satu mati.

Ikan Mas Koki 7. Ikan Mas Koki
Ikan mas koki ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia. Tubuh gemuk, mata menonjol dan perut besar yang menjadi ciri khas dari ikan hias. Namun ikan mas koki ini sangat rentan dengan penyakit. Jadi sebaiknya anda berhati-hati dalam memelihara ikan hias ini.

Dengan kepopulerannya ikan hias mas koki ini memiliki potensi pasar yang baik. Kisaran harga ikan mas koki ini mulai Rp. 5000 sampai ratusan ribu rupiah. Namun dengan harga yang lumayan mahal, para hobiis ikan mas koki ini tidak masalah untuk langsung memburunya.

Ikan Guppy
8. Ikan Guppy
Ikan dengan nama latin Poecilia reticulata ini memmiliki keunikan tersendiri yaitu dibagian sirifnya yang mirip ikan cupang. Untuk hiasan akuarium para hobis banyak memilih ikan guppy ini yang jantan. Karena, ikan guppy yang jantan cenderung memiliki keunikan tersebut akan tetapi yang betina cenderung kusam warnanya.

Ikan Guppy ini berasal dari amerika tengah, masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an. Ikan guppy ini berkembang di perairan tawar seperti danau-danau di seluruh Indonesia mudah di temukan.
Ikan guppy ini mudah di pelihara dan mudah berkembang. Untuk budidaya ikan hias ini cukup dengan peralatan sederhana kita sudah bisa membudidayakannya.

Ikan Discus
9. Ikan Discus
Ikan yang satu ini juga merupakan jenis ikan hias air tawar terpopuler di kalangan para hobiis ikan hias. Karena keunikan pada tubuh ikan ini yang mirip kepingan piringan CD yang bundar dengana warna dasar coklat kemerahan dengan garis – garis berombak.

Ikan discus ini awal mulanya dari sungai amazon dan terkenal di Indonesia pada tahun 1990-an. Namun disamping itu, ikan discus ini sangat rentan terserang penyakit, jadi memlihara ikan ini haruslah berhati-hati. Potensi pasar ikan jenis ini sangat baik dan berpotensi. Banyak ikan dari jenis ini yang di bandrol dengan harga puluhan juta rupiah. Namun, para hobis tidak masalah membeli ikan discus ini dengan harga yang cukup mahal. Karena mengingat hobi dan ketenaran ikan ini.

Ikan Molly
10. Ikan Molly
Ikan yang satu ini tidak kalah uniknya dengan ikan jenis lainnya. Yaitu dengan perut buncit dan corak warna yang berfariatif serta ukurannya kecil sehingga ikan ini akan terlihat lucu dan mungil. Itulah alasan para hobis memilih ikan hias molly ini. Disamping itu ikan hias ini memiliki harga yang lumayan mahal bahkan adan yang mencapai jutaan rupiah.

Ikan molly ini tergolong ikan hias yang mudah di pelihara. tidak membutuhkan properti yang banyak cukup dengan akuarium atau wadah kecil saja.

Demikian ulasan mengenai jenis ikan hias air tawar ini semoga bermanfaat. Dengan kata lain, Anda memiliki banyak pilihan terkait ikan hias air tawar yang bisa dipelihara diaquarium. Jadi, ikan hias yang mana yang Anda pilih?