Ikan Arwana Kualitas Internasional Yang Berasal Dari Indonesia

: 14.28

Ikan arwana merupakan jenis ikan hias asal nusantara yang bertaraf internasional. Contohnya adalah arwana super red yang kemashurannya sudah terdengar ditelinga pecinta ikan hias manca.
Kemashurannya tak lepas dari seringnya mengikuti kontes, dan menjadi pemenang. Pantas saja bila arwana super red ini mendapatkan hasil yang baik. Selain itu sisi warna sisiknya juga terlihat jelas, merah menyala cantik. Makanya, ikan hias ini banyak diburu hobiis.

Bukan hanya super red saja yang diminati oleh hobiis, namun ada banyak jenis arwana yang juga banyak diminati. Tentu saja ini menjadi peluang bagi pengusaha untuk meraup pundi-pundi uang. Oke, untuk memperjelasanya, langsung saja lihat ulasannya dibawah ini.

Jenis-Jenis Ikan Arwana
Masyarakat seringkali menyebut arwana sebagai ikan naga, karena sisik-sisiknya dan bentuknya dianggap menyerupai naga. Menurut mitologi tionghoa, ikan ini menjadi simbol dari keberuntungan sehingga seringkali hobiis rela mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk ikan arwana ini.

Arwana Super Red
1. Arwana Super Red
Salah satu jenis arwana yang paling mahal adalah super red. Asal muasal super red ini ada di kalimantan barat, tepatnya diberbagai habitat semisal sungai kapuas dan juga danau sentarum.

Arwana super red ini menjadi arwana kebanggaan indonesia, karena dengan keunikan pada warna dan keanggunan ikan arwana ini mampu mendobrak popularitas pasar ikan hias dengan harga yang lumayan mahal.

Harga ikan arwana super red ini bervariatif diseuaikan dengan ukuran dan keunikannya. Kisaran harga ikan arwana super red ini mulai Rp. 1000.000 – 7.000.000. Lumayan mahal kalau kita lihat dari harganya. Tetapi untuk para hobis ikan hias khususnya pecinta ikan hias arwana, harga tidaklah masalah yang penting kualitas dan keunikannya yang dominan sehingga jika di ikutkan kontes tentunya berharap akan menang hehe… selain untuk kontes, banyak para hobis yang mengambil kesempatan ini sebagai bisnis yang menguntungkan. Karena potensi pasar ikan arwana super red ini memiliki prosfek yang baik di pasaran.

Arwana Golden Red
2. Arwana Golden Red
Jenis yang kedua adalah arwana golden red. Untuk ikan jenis ini berasal dari kawasan sumatera yakni di pekanbaru. Untuk warna dasarnya bisa hijau, biru bahkan keemasan, seperti yang di temukan pada cross back golden. Kenampakan yang mirip ditemukan pada bagian bibir, sirif dan ekronya. Namun pada usia kecil ikan arwana ini akan terlihat kusam ketimbang jenis ikan arwana lainnya. Jadi apabila ada hendak memilih anakan ikan haruslah berhati-hati memilihnya.

Arwana Golden Red merupakan famili Osteoglossidae. Seperti namanya ikan arwana golden red memiliki warna emas, namun yang membedakannya adalah warna emas ini tidak berubah sampai punggungnya. Iakan arwana golden red merupakan ikan arwana yang daya tahannya kuat ketimbang ikan arwana yang lainnya. Jadi tidak heran kalau ikan ini berukuran lebih besar dari ikan arwana lainnya.

Harga ikan arwana golden red ini lebih murah dari ikan arwana super red. Yang berukuran 12 cm, ikan ini dihargai sekitar Rp. 2000.000, sedangkan yang berukuran 20-25 cm hanya dihargai Rp. 2.500.000 – 3.500.000 disesuaikan deri segi keunikan dan ukurannya. Ikan yang bagus tentunya akan di hargai lebih tinggi meskipun satu jenis.

Arwana Hijau
3. Arwana Hijau
Arwana hijau sebagian para hobis menyebutnya sebagai sang naga hijau. Sebagian mereka mempercayai ikan ini sebagai pembawa hoki atau keberuntungan.

Ikan arwana jenis ini bisa di temukan pada ukuran 20-25 cm. pada usia mudanya ikan arwana ini sering disebut sebagai ikan arwana banjar kuning. Kenapa demikian ? karena, pada usia dibawah 20cm ikan arwana ini memiliki warna kuning kemerahan, namun setelah menginjak ukuran 20 cm ikan ini akan berubah warnanya menjadi warna pino kehijauan.

Jadi sebaiknya anda membeli ikan ini pada ukuran 20-25cm. cirri-ciri lain yang mesti anda perhatikan diantaranya dari segi matanya. Jika di perhatikan ikan arwana hijau ini memiliki mata yang sedikit menonjol. Kemudian dari segi sisiknya, arwana hijau ini memiliki sisik yang sejajar dan rata-rata ukurannya sama saampai ujung punggungnya.

Kisaran harga ikan arwana hijau ini lumayan murah loh. Yaitu untuk ukuran 10-15 cm dihargai mulai 250.000-450.000. Namun untuk ukuran 20-25cm dan kualitas terbaik bisa mencapai jutaan rupiah.

Arwana Red Banjar
4. Arwana Red Banjar
Arwana red banjar berasal dari daerah Kalimantan Barat, tepatnya disungai Kapuas Hulu Pontianak.

Jenis arwana ini sering disebut sebagai orange red arwana. Mengapa? Karena arwana ini memiliki warna sisik kemerah-merahan dan sedikit agak kehijau-hijauan. Terutama pada sirifnya arwana banjar ini sewaktu kecil warnanya kekuning-kuningan, namun setelah dewasa akan berubah menjadi orange.

Kemudian cirri-ciri yang mencolok lainnya pada matanya, arwana red banjar memiliki mata yang juling dan kepala bulat tidak memiliki moncong yang begitu lancip.

Arwana red banjar ini memiliki penampilan yang anggun dan amat baik. Sisiknya yang tersusun rapi, warnanya yang kuning kemerahan dan sirifnya yang berkilau kuning kehijauan sehingga arwana jenis ini sukar di sebut sebagai siluk sirif merah.

Kisaran harga arwana red banjar yang ukuran 11-15 cm, dihargai mulai Rp. 450.000-1.000.000,- harga ini tergantung kualitasnya, tentunya arwana yang bagus akan lebih mahal.

Arwana Jardini5. Arwana Jardini / Arwana Irian
Arwana dengan nama latin Scleropages Jardini ini banyak di gemari di Indonesia. Keunikan pada arwana jenis ini yaitu pada warna dasarnya yang hitam kecoklat-coklatan disertai dengan bintik kuning pada tengah-tengah sisiknya. Sebenarnya ikan arwana ini berasal dari Australia namun di Indonesia juga banyak di temukan yaitu di pulau irian.

Dengan keanggunan dan sisiknya yang warna-warni ikan ini mampu memberikan pesona yang menarik sehingga menjadi keunikan tersendiri dari ikan ini. Itulah alasan para hobiis memburu ikan arwana jardini ini.

Jika anda akan membeli arwana irian ini hendaklah berhati-hati. Hal-hal yang harus anda perhatikan adalah : arwana jardini yang kualitas baik terlihat pada tubuhnya yang segar dan mulus, kemudian dengan sirif dan sisiknya utuh tidak cacat, mulutnya mulus tidak tertekuk dan bola mata bening tidak juling. Nah, hal tersebut haruslah diperhatikan agar anda tidak terkecoh memilih ikan arwana irian yang memiliki kulaitas baik.

Dengan keunikan-keunikan tersendiri, arwana jardini ini juga memiliki harga dan potensi pasar yang baik. Kisaran harga arwana jardini atau arwana irian yaitu : untuk arwana jardini yang berumur dewasa dihargai sekitar Rp. 3.500.000 bahkan sampai puluhan juta rupiah bagi arwana irian yang kualitas terbaik tentunya.

Arwana Silver6. Arwana Silver
Arwana jenis ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dari segi warna yang perak kehijauan serta bentuk tubuhnya yang tipis, ramping memanjang dan bagian belakangnya yang mengecil sehingga akan terlihat unik ketika berenang di akuarium.
Arwana silver memiliki sirif yang agak kemerahan dan rapih serta warna yang berkilau sehingga akan terlihat anggun ketika berenang.

Arwana silver yang memiliki kualitas baik tentunya memiliki harga yang lumayan menggiurkan. Namun arwana jenis ini harganya lebih murah dibanding arwana jardini. Kisaran harga arwana silver yang sudah dewasa di hargai sekitar Rp. 2.000.000.

Menemukan jenis ikan tersebut diatas sangatlah mudah. Karena arwana tersebut berasal dari daerah-daerah yang ada di indonesia.

Potensi Pasar Ikan Arwana
Dari kesekian banyaknya jenis arwana ini, ada satu jenis arwana yang sangat menonjol yakni super red. Ikan jenis ini digemari oleh masyarakat baik lokal maupun manca. Dengan kata lain, untuk potensi pasarnya bisa dikatakan menggiurkan.
Sebagaimana yang dikatakan sebelumnya, banyak hobiis yang menyukai ikan hias. Artinya, banyak pundi-pundi uang yang akan didapatkan asalkan bisa membudidayakannya. Masalahnya, hanya ada sedikit orang yang mampu melakukannya sehingga Anda bisa mencari celah agar nantinya bisa menghasilkan uang sekaligus mengembangbiakkan ikan arwana super red yang saat ini hampir punah.
Untuk membudidayakan ikan, Anda perlu tahu sedikit banyak pengetahuan tentangnya. Salah satunya adalah mengenai cara membuat lingkungan yang sehat untuk tumbuh kembang ikan.

Untuk arwana sendiri, lingkungan aslinya adalah memiliki kejernihan air, dan cenderung berarus. Ini berarti Anda seharusnya menciptakannya agar arwana yang dipelihara bisa diperbanyak lagi dengan lebih mudah.
Sementara itu, kondisi air yang jernih juga harus diikuti dengan temperatur yang normal, Untuk arwana ini, temperatur yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat hidup yang sehat adalah dikisaran 26-30 celcius dengan ph 6-7.
Selain hal itu, pakan juga perlu dipertimbangkan. Umumnya, arwana akan tumbuh lebih sehat dengan memakan pakan hidup seperti udang, juga bisa disertai dengan pellet. Akan lebih baik jika pakan hidup diberikan 60%, sedangkan sisanya adalah pellet.
Semakin panjang dan besar ikan arwana itu, maka semakin melambung harganya.

Demikian ulasan mengenai ikan hias arwana ini semoga bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi semua para pencinta arwana ini. Akhir kata jangan lupa simak pula artikel lainnya yang membahasa ikan hias air tawar lainnya berikut ini :
>> Jenis Ikan Hias Air Tawar  Terpopuler