Jaga Kualitas Air Untuk Memelihara Ikan Mas Koki

: 08.00

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang juga banyak diminati oleh penghobi. Kenapa digemari? Karena bentuknyalah yang cantik, dan indah dipandang mata.

Karena banyak hobiis yang suka akan ikan hias ini, maka banyak bermunculan juga pengusaha yang mencoba peruntungannya dengan memperbanyaknya. Salah satu cara untuk mengembangbiakkan ikan ini adalah dengan melakukan berbagai metode.


Banyak metode terkait mengembangbiakkan ikan tersebut. Hanya saja yang terpenting adalah menjaga kualitas airnya. Inilah yang membuat peruntungan muncul bila Anda sudah bisa melakukannya.

Pada kesempatan ini, Anda hanya akan menemukan cara terkait merawat ikan mas koki dengan cara yang sederhana, namun perlu dipertimbangkan sepenuhnya agar bisa berjalan dengan baik. Tetapi sebelumnya, mari kenali lebih dahulu sejarah tentang ikan hias ini.

Sejarah Ikan Mas Koki
Sebenarnya, ikan hias ini terkenal bukan sebagai ikan untuk dipelihara. Namun lebih sebagai sebuah sajian menu yang lezat dan sehat. Hal ini bermula dari ribuan tahun yang lalu dimana dinasti Jin di china mengolahnya sebagai menu makanan.

Berselang pergantian dinasti, ikan ini muncul sebagai ikan yang diternakkan sehingga mulai dikenal oleh masyarakat luas. Dan saat inilah ikan tersebut muali dikenal sebagai ikan hias, dan kemudian diperkenalkan ke publik, sampai-sampai kedaratan eropa, dan saat ini sudah dikenal sampai penjuru dunia.

Dari sini pula, muncullah banyaknya jenis ikan mas koki karena dikawain silangkan dengan berbagai jenisnya. Akhirnya saat ini Anda juga mengenal ranchu, oranda, ryukin, buble eye, dan masih banyak jenis lainnya.

Dari beberapa jenis mas koki tersebut, jenis ranchulah yang digemari khususnya yang memiliki warna kuning agak pucat, serta memiliki tampilan yang merah menyala pada kepalanya. Namun, untuk jenis ini cukuplah sulit ditemukan karena dari sisi perkawinan silangnya belum tentu bisa mendapatkan hasil yang mirip dengan yang seperti itu.

Dilain sisi, hal yang dirasa sulit ini tentu saja akan dihargai dengan harga yang tinggi apabila bisa mendapatkannya. Maka dari itu, banyak cara dilakukan untuk mendapatkannya misalnya dengan membudidayakan dengan benar.

Cara Memelihara Ikan Mas Koki
Berbagai metode dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun terlepas dari berbagai metode tersebut, hal yang sangat penting untuk dijaga adalah kualitas air. Ya, ikan tersebut sangat rawan atau rentan untuk mati bila kualitas air tidak baik.

Kandungan ammonialah yang menjadikan kualitas air rendah, akhirnya menimbulkan kematian pada ikan. Untuk itu, Anda perlu menjaganya dengan cara menetralisirnya misalnya dengan menggunakan biofiltrasi serta menempatkan sarana agar lumut bisa hidup.

Intinya, memelihara ikan seharusnya menjaga kualitas air agar ikan bisa tumbuh lebih sehat. Itulah caranya agar ikan mas koki Anda bisa hidup lebih sehat, dan tentu bisa membahagiakan Anda.

Demikian ulasan cara memelihara ikan hias mas koki ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda mencarikan referensi mengenai cara-cara memelihara ikan hais mas koki.
Jangan lupa baca pula artikel ikan hias air tawar lainnya berikut ini :
 >> Ikan Arwana Kualitas Baik Berasal dari Indonesia
>> Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler